Selasa, 04 September 2018

Published September 04, 2018 by with 8 comments

4 Situs Ruang Belajar Blogger


Melanjutkan hobi untuk menghasilkan karya dan pundi-pundi rupiah merupakan kesenangan tersendiri untuk aku. Sebenernya cita-cita awal nulis adalah ngimpi bisa nerbitin buku sendiri, tapi apalah daya daku belum bisa menyelesaikan tulisan sampai akhir. Beberapa draft masih tersimpan rapi di hati flash disk dan belum menemukan jalannya. Elaah,, apaan yak. 
Sebelumnya nggak kepikiran kalau mau serius di dunia blogging ini, kenapa? Ya, karena kalau cuman nulis aja tapi nggak ada duitnya #matrehabis semangat buat nulis kan juga sayang, waktu, tenaga, dan pikiran bukan? 
Tahun 2014 aku yang addict sama FB ketemu sama temen-temen baru. Temen yang suka ikutan kuis dan cari hadiah. Beberapa kali pernah dapet, mulai dari pulsa, flash disk, sepatu dan buku. Kuis bagiin status orang aja sih, belum pernah ikut lomba blog. Beberapa teman ada yang sudah mengikuti lomba blog, awalnya tidak tertarik aku nggak bisa buat artikel panjang dan kece. Hehe
Tapi setelah tahu kalau blog itu bisa menghasilkan pemasukan, aku jadi tertarik, kenapa aku nggak coba aja ya kan? Lagian cuman tinggal ketik-ketik doang. But after tahu gimana proses nulis artikel yang high quality , ternyata itu not easy, rasanya makin tertantang dan penasaran gimana temen-temen blogger yang lain bisa menghasilkan kualitas tulisan yang kreatif, oke dan kece badai, lewat otodidak pelan-pelan daku mempelajarinya  gaeees. Beneran, buat artikel nggak segampang yang aku pikir. Tapi ini tantangannya. 
Ngeblog semakin semangat tatkala aku mendaftarkan diri di adsense. Dan diterima. Mungkin rasanya kayak diterima kamu, kaliik. XD
Adsense adalah layanan penayang iklan di google. Dan kalau bisa di terima adsense, kita punya peluang besar untuk dapet pemasukan dari blog. Wuhuu... siapa yang nggak mau coba? Kan aku jadi pengen, apalagi bisa jadi Mom Blogger nantinya, beneran, its a big dream. Ngebayangin kamu jadi emak-emak, stay di rumah, ngurus suami dan anak tapi bisa produktif dan dapet duit?? melalui blogging , aku mauuu dongg... 
Ngimpinya udah panjang banget kan yak?? ekek. Udah san, mikir calon imamnya aja dulu. *lemes XD
Akhirnya memberanikan diri beli domain blog sendiri, dan jadilah arisantiwedotcom. Harapannya semoga bisa jadi blogger yang bermanfaat untuk diri sendiri, keluarga dan syukur-syukur orang lain. Hehe.
Menjadi blogger pemula butuh banyak referensi blogger yang udah expert untuk menambah pengetahuan dan wawasan. Selain itu kita bisa berkenalan dengan orang-orang yang mempunyai passion yang sama dan semangat ngeblognya bisa terpacu.
Beberapa blog dibawah ini bisa kamu jadikan referensi sebagai ruang belajar blogging : 
  • Sugeng.id
  Siapa yang tidak kenal mas sugeng? Coba kenalan dulu. Bagi blogger pemula, mas sugeng bak seorang guru yang mengajari murid-muridnya. Suhu-nya blogger, boleh dibilang begitu. Blog dengan tampilan sederhana ini, sangat recomended untuk blogger pemula (sepertiku). Banyak informasi yang bisa dipelajari terutama seputar dunia blogging. Mas Sugeng juga akan membagikan tips yang sangat membantu untuk memulai jadi seorang blogger. Selain itu, mas sugeng juga menyediakan beberapa template yang bisa kamu gunakan untuk mempercantik blog.
                                
  • KlikMania.net
  • Klik Mania didirikan oleh Gani Sebastian. Dalam blog ini, aku biasanya cari tahu tentang dunia seputar blogging.  Mulai dari dasar-dasar ngeblog, tutorial ngeblog hingga mempelajari adsense. 
                                 
  • Panduanim.com
Panduanim.com menyajikan artikel yang juga sangat membantu untuk blogger pemula. Dengan bahasa yang lebih sederhana dan pastinya mudah dipahami, membuat blog ini juga menjadi daftar referensi blogging yang wajib dibaca semua artikel blognya. Mulai dari dasar ngeblog hingga tips menghasilkan jutaan rupiah per bulan hingga menyajikan artikel tentang seo yang membuat blog kamu bisa nangkring di halaman pertama mesin pencari mbah google, semuanya ada disini. 
                                    
  • Peridiri.com
Meskipun bukan blog murni yang membahas tentang blogging, tapi aku selalu suka mengunjungi blog ini. Kenapa? karena blog ini juga menyajikan artikel yang inspiratif, seperti artikel dengan judul 'Arti Senja Yang Berwarna Jingga' 
                                                             
Empat situs di atas yang biasa aku kunjungi untuk cari referensi seputar blogging. Kalo kamu sendiri suka cari referensi dimana? Boleh dong bagi infonya kesini, atau blog kamu juga bisa jadi referensi daku? Coba tinggalkan jejak, daku akan berkunjung ke 'rumah' kamu. Salam kenal :)                                                                                                                             



8 komentar:

rizka edmanda mengatakan...

terima kasih sharing nya mba, kebetulan nih aku lagi cari referensi blog untuk belajar

indah nuria Savitri mengatakan...

Aaaah ini reference penting nih mba..mau aku intip-intip deeeh untuk belajar lebih lanjut :)

Faridilla Ainun mengatakan...

Wuahhh, Thanks for sharing mba. Jujur masih belajar ngeblog dan perlu terus belajar. Seneng deh nemu tempat-tempat belajar online, semoga blog jadi lebih berkualitas setelah belajar :)

Beautyasti1 mengatakan...

Satupun ga ada yang aku tau nih mba hehehe.. aku otodidak, tapi udah mulai blogging since 2003 pake blogdrive and wp. Tapi lebih seneng blogspot

Okti Li mengatakan...

Semua masih asing dan bahkan baru saya tahu sekarang. Jadi penasaran mau belajar juga ah ke mereka. Kepo, hehehe...

antung apriana mengatakan...

kalau aku pas nyari-nyari panduan blog nemunya sugeng sama panduanim. ada juga strukturkode kalau nggak salah

Aem 72 mengatakan...

Nice info. Jngn lupa folback yaa

antung apriana mengatakan...

aku seringnya nyasar ke panduanim sama sugeng.id kalau pas lagi bermasalah sama template