Selasa, 07 Agustus 2018

Published Agustus 07, 2018 by with 0 comment

Beberapa Hal dibawah Ini Bisa Kamu Lakukan Sebelum Belanja Online

Di era yang serba digital saat ini, banyak sekali kemudahan  yang bisa kita dapat. Mulai dari pembayaran online, jual-beli online sampai kerjaan juga bisa  via online. Kalau kamu sendiri pernah transaksi online apa? Kalau aku pribadi mulai sering melakukan pembayaran dan jual-beli online. Dari beli pulsa HP, listrik, pembayaran online sampai berdagang online. Semuanya udah pernah di cobain dan bikin ketagihan karena menghemat waktu dan tenaga. Yah, kita kan tinggal klik klik aja, kelar deh.
Terus gimana rasanya belanja online? Lebih seneng online atau offline aja?
Dua-duanya suka, tergantung sikon.  Kelebihan belanja offline adalah kita tidak akan kecewa karena barang bisa kita lihat langsung. Kalau untuk online sendiri lebih  menghemat waktu dan tenaga. Saat ini aku masih bekerja di sebuah perusahaan swasta. Dari jam 08.00 sampai 16.00 aku habiskan waktu di kantor, tentunya ini membuat aku lelah sekali. Apalagi jarak rumah dan tempat kerja cukup jauh. Sekitar sejam kalau di tempuh pakai motor. Huhu. Kasihan deh gue. Jadi belanja dan jualan online membantu sekali.
Kalau belanja online apa nggak takut kecewa tuh?
Pernah, beberapa kali kecewa waktu melakukan pemesanan. Karena ternyata barang tidak sesuai dengan aslinya, yah ini mah resiko belanja online. Hehe. Kalau takut kecewa, ya nggak usah beli online.
Hal apapun pasti memiliki dua sisi, entah untung entah rugi, entah baik entah buruk. Yah, sama lah kayak era digital saat ini. Berbagai kemudahan bisa kita dapat, tapi kita juga harus siap menanggung resikonya kan?
Seperti belanja online. Di satu sisi banyak sekali barang-barang menarik terpampang di hadapan kita, yang kadang tidak bisa di cari secara offline. Kita mau beli atau tidak, itu pilihan. Kita mau menanggung resiko atau tidak, itu juga pilihan. Woh,, bahasanya berat kali yak. Hehe.
Kayak, kalau kita mau belanja online artinya kita juga harus siap kalau yang kita beli tidak seratus persen seperti di gambar. Yah, online kan menang di picture buk. Kalau mau offline, sudah biasa dan biasanya barang-barangnya tidak terlalu bervariasi seperti kalau kita belanja online. 
Belanja secara online sebenarnya tidak semua toko hanya menang di gambar hlo, asal kita tahu karakter dari toko yang mau kita beli. Beberapa tips di bawah ini, mungkin bisa membantu kamu belanja online.
1. Pastikan Toko Terpercaya
Pastikan dulu banyak nggak sih yang beli di toko tersebut.  Melihat dan membaca ulasan buat aku penting sekali buk. Sekilas kita bisa tahu gimana reaksi konsumen yang sudah berbelanja di toko ini. Hal ini pun relatif karena selera tiap orang berbeda-beda. Bagi si A kualitas barangnya sudah cukup bagus, tapi bagi si B, belum tentu sama. Tapi setidaknya kita tahu lebih banyak menilai puas atau tidak.
2. Lihat Followers di Medsos
Memang hal ini tidak bisa jadi patokan karena follower juga bisa di beli. Setidaknya kita bisa membandingkan testimoni yang tertera dengan followersnya.Biasanya bisa cek testimoni yang biasanya sudah di screenshot oleh para penjual. Untuk menarik kepercayaan konsumen penjual membuktikan bukti testimoni dengan screenshot percakapan antara penjual dan pembeli.

3. Jangan Mudah Tergiur Dengan Harga Murah
Banyak sekali barang sama dengan harga yang berbeda. Sekarang pun banyak sekali penjual yang merangkap sebagai reseller, kamu bisa pastikan si penjual dari tangan pertama atau bukan. Harga yang murah biasanya berasal dari suplier. Dan pastikan bahwa gambar yang dijual adalah foto asli dari barang tersebut. Setidaknya ini mengurangi resiko barang tidak sesuai yang di foto.
4. Lihat Detail Produk Yang Ingin Dibeli.
Detail produk menurutku penting banget, karena kita dengan gampang mempunyai gambaran produk yang akan kita beli. Mulai dari ukuran, warna, jenis barang, perbedaan produk yang satu dengan yang lain dan kelengkapan yang diberikan toko pada konsumen. Kita juga mudah mengklaim ketika misalnya ada kelengkapan yang tidak disertakan di pengiriman.

Itu empat hal yang biasa aku lakukan sebelum belanja online.
O, iya jangan lupa cintai produk lokal ya. Jangan melariskan produk luar mulu. Huhu. Sedih aku tuh kalo kayak gini. Hehe.
Ngomongin produk lokal, kamu bisa kunjungi situs Qlapa.com. Di Qlapa.com kamu bisa menemukan produk handmade buatan saudara kita di Indonesia hlo. Barangnya berkualitas, dan semua gambar yang ada di Qlapa adalah gambar aslinya bukan jiplakan.
Kamu bisa menemukan produk lokal yang berkualitas dan unik di Qlapa.com. Mulai dari asesoris, baju, celana, furniture, hingga case hp yang unik seperti ini.

Di bawah ini beberapa contoh barang yang bisa kamu dapatkan di Qlapa.com


Qlapa.com adalah mall online yang menjual  produk handmade atau kerajinan tangan asli dari Indonesia langsung dari pembuatnya. Situs ini merupakan rumah produk handmade asli Indonesia yang dijual langsung oleh sang kreator produknya.
Di Qlapa.com memiliki sistem yang ketat bagi si penjual produk, itulah kenapa kualitas Qlapa.com tidak bisa diragukan lagi.
Dilansir dari wartaekonomi.co.id,"Semua penjual di Qlapa melalui proses wawancara dan screening process. Kemudian, produk dikurasi dan melalui proses quality control untuk melihat kesesuaian antara produk asli dengan foto produknya," tegas Benny.  Jadi penjual di qlapa.com sudah terakurasi dari segi kualitas. Benny Fajarai merupakan Co-Founder dan CEO Qlapa.com.
Nama Qlapa sendiri terinspirasi dari pohon kelapa. Dimana pohon kelapa sangat berguna bagi manusia mulai dari akar, pohon, buah, serabut hingga daun kelapa. Semuanya bisa di manfaatkan untuk kehidupan manusia. Qlapa.com pun berharap situs ini bisa menjadi rumah handmade Indonesia yang bisa dimanfaatkan para penjual dan pembeli untuk meningkatkan minat masyarakat terhadap produk lokal. Selain itu dilansir dari laman liputan6.com 
“Melalui Qlapa, kami juga berharap kerajinan lokal Indonesia dapat menjangkau pasar yang lebih luas baik skala nasional maupun internasional,” ujar Benny melalui keterangan resminya, Jumat (20/11/2015). Semoga kerajinan tangan dari Indonesia makin berkembang dan menjadi produk yang digemari masyarakat utamanya penduduk dalam negeri.
Nha, buat kamu yang lagi nyari hadiah unik, klasik serta rasa Indonesia banget? Qlapa.com wajib menjadi pilihan pertama kamu.Gimana,kamu tertarik dengan produk dalam negeri? Cuss, bisa langsung ke Qlapa.com aja. Semua handmade, asli dari Indonesia. Yuk, merdeka kan Indonesia dengan membeli produk-produk dalam negeri. #MerdekaProdukLokal #MerdekaProdukIndonesia

                                              

0 komentar: