Rabu, 04 Juli 2018

Published Juli 04, 2018 by

5 Destinasi Wisata Pulau Sumba yang Bisa kamu Kunjungi ketika Liburan


"Pulau Sumba adalah sebuah pulau di Provinsi Nusa Tenggara Timur. Luas wilayahnya 10.710 km persegi, dan titik tertingginya Gunung Wanggameti (1.225m). Sumba berbatasan dengan Sumbawa di sebelah barat laut Flores di timur laut, Timor di timur, dan Australia di selatan dan tenggara." Wikipedia  

Banyak tempat di negara kita yang bisa menjadi tujuan liburan. Tidak hanya Bali dan Raja Ampat, adalah pulau Sumba di Nusa Tenggara Timur. Liburan nggak melulu harus ngimpi ke luar negeri kan? Di dalam negeri masih banyak tempat yang belum dikunjungi dan di datangi, dari Sabang sampai Merauke memberikan kita pilihan untuk dinikmati.

Salah satu kota yang wajib di kunjungi yaitu Nusa Tenggara Timur. Kota yang masih ‘perawan’ ini belum banyak di datangi kecuali mereka yang memang mempunyai kelebihan duit. XD. Yah, bisa dibilang perjalanan menuju ke NTT adalah perjalanan yang mahal, kenapa? Karena memang jaraknya yang lumayan jauh dari Pulau Jawa. Kalau kamu beneran ke sana kamu mau kemana? Di bawah ini ada beberapa tempat yang bisa kamu kunjungi ketika menginjakkan kaki di NTT khususnya Sumba.
  1. Waikelo Sawah 
sumber: hsbn_marco
Waikelo sawah terletak di Desa Tema Tana, Wewewa Timur, Sumba. Di Desa ini terdapat air terjun buatan dan sebuah bendungan yang hanya bisa kita lihat dan nikmati. Waikelo Sawah adalah bagian dari pembangkit tenaga air yang dikelola oleh pemerintah pada tahun 1976. Tempat yang menjadi salah satu tempat favorit yang banyak dikunjungi oleh wisatawan lokal atau pun manca.


sumber; Photo via Satyawinrie

2.  Laguna Weekuri


sumber; www.asokaremadja.com
  Terletak di Desa Kalenarogo,Utara Kodi wilayah barat Sumba. Adalah sebuah tempat yang menyajikan pemandangan alam yang memanjakan mata.Laguna ini memiliki jenis air payau. Laguna ini hanya dipisahkan oleh batu karang dari tepi Pantai Mandorak, ketika air pasang atau sedang ada ombak besar air laut masuk ke dalam danau. Untuk gradasi warnanya sendiri terbilang unik karena ada yang memiliki warna biru cerah, dan ada yang biru kehijau-hijauan. Untuk akses ke tempat ini masih tergolong sulit, jadi untuk ke sini membutuhkan tenaga ekstra. Surga tersembunyi ini bisa kamu kunjungi hanya di Sumba NTT.

3. Desa Ratenggaro

sumber: journal.momotrip.co.id
Terletak di desa Umbu Ngedo, Sumba barat daya. Sumba tidak hanya melulu menyuguhkan pantai yang eksotis, sebuah desa adat dsi Sumba ini pun tak kalah eksotis dengan pantai-pantai yang terdapat di sana. Di desa Ratenggaro yang masyarakatnya  masih memegang teguh tradisi nenek moyang, hal ini menjadikan desa Ratenggaro memiliki magis dan eksotisnya tersendiri.
Menurut journal.momotrip.co.id di desa Ratenggaro terdapat 304 buah kubur dan 3 diantaranya berbentuk unik dan terletak di pinggiran laut. Rumah adat desa ini pun memiliki ciri khas menara yang mencapai tinggi 20 meter

.4.Kampung Tarung: Waikabubak



sumber: inognidove.it
Terletak di Waikabubak, Sumba Barat, NTT. Kampung ini pun tak kalah eksotis dengan kampung Ratenggaro. Di kampung ini masayarakatnya pun masih menjaga adat istiadat para leluhur. Kampung ini merupakan kampung tertua di Sumba Barat.

5. Air Terjun Waimarang

Terletak di Ngaru Kanoru, Umalulu, Kabupaten Sumba Timur. Tidak hanya air terjun di Waimarang ini kamu bisa menikmati air terjun yang memiliki kolam dengan debit air yang cukup tinggi dan air yang memiliki gradasi warna jernih. Keindahan air terjun ini membuat kamu betah dan mungkin tidak mau pergi dari tempat ini. Lihat saja eksotis pemandangan yang disuguhkan semesta seperti gambar di bawah ini.

Nha dari kelima destinasi di atas mana yang ingin kamu kunjungi? Kalau aku, semuanya. XD
“Kalau nggak jalan-jalan sampai ke Sumba dulu gimana san? Di jawa dulu lah, belum ada budget dan waktu kalau harus ke pulau seberang.”
Dijaman sekarang tuh apa-apa serba mudah ya kan? Termasuk berwisata. Sekarang banyak banget penyedia jasa Tour and Travel yang bisa kamu pilih, salah satunya adalah Amabel Travel.


sumber; amabeltravel.com
Tanggal 2-5 Agustus nanti ada Dieng Culture Festival. Kebetulan di Amabel Travel lagi ada promo, terutama buat warga Jogjakarta. Yang dari Klaten juga bisa, mau ajakin kesana nggak? XD
Event ini diadakan satu tahun sekali  bagi warga masyarakat di desa dieng kulon. Event ini bisa dinikmati oleh umum, jadi siapapun boleh menikmatinya.
   
sumber: hipwee.com
Dieng Culture Festival ini menyajikan beragam acara seperti pertunjukan musik,jazz, kesenian, pesta lampion dan kembang api, pagelaran wayang kulit, kirab budaya dan rangkaian ritual cukur rambut anak gembel.

Nha buat kamu yang mau open trip, kamu langsung bisa hubungi Amabel Travel. Mumpung lagi ada promo berangkat dari Jogja. Kamu mau? Langsung hubungi contact di bawah ini :

Whatsapp: 0819-4930-5465


Website: amabeltravel.com

Fans Page: Amabel Trave